Pembelajaran Penuh Makna, Study Tour Kelas IV SD Babussalam By: Nuraini,S.Pd

Minggu, 19 Februari 2023 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 632 Kali

Study Tour Kelas IV SD Babussalam

By: Nuraini,S.Pd

Suasana berbeda terasa pada kamis pagi, 12 januari 2023/ di SD Babussalam/ jalan soebrantas, pekanbaru.

Sebanyak 69 anak didampingi orang tua bersemangat menemui wali kelas yang sudah lebih dulu menunggu di pekarangan sekolah.

Kali ini bukan untuk belajar mengajar di dalam kelas tapi study tour ke sejumlah tempat bersejarah yang telah direncanakan jauh hari.

Study tour merupakan agenda rutin yang digelar setiap akhir tahun ajaran.

Dengan study tour murid diajak langsung ke lapangan untuk melihat dan mengamati sumber belajar.

Pemilihan objek study disesuaikan dengan apa yang akan diamati, tentunya yang berkaitan dengan materi pelajaran di sekolah, salah satunya tempat dengan nilai historis sejarah tinggi.

Adapun manfaat dari study tour ini adalah memperkaya informasi faktual yang ada dalam buku pelajaran, mengembangkan sikap ingin tahu siswa serta menyediakan pengalaman melalui objek, tempat situasi yang tidak bisa ditampilkan di kelas.

Study tour kali ini kami mengagendakan kunjungan ke pembangkit listrik tenaga air atau plta di koto panjang dan candi muara takus di tiga belas koto kampar.

Dua bus berkapasitas masing masing lima puluh orang telah menunggu di pekarangan sekolah sejak pukul 06.00 wib.

Guru pendamping salah satunya saya mempersiapkan sejumlah kebutuhan yang akan dibawa untuk murid selama dalam perjalanan.

Si gendut, rais. Salah seorang murid yang perlu pendampingan khusus berlari mendatangi saya, dengan penuh semangat, sambil berteriak. “ibuuuk…, ibuk.! Ais naik bus yang mana ucapnya”!

Sambil mengusap kepalanya, saya sampaikan, sabar nak. Kita absen dulu semua teman-teman yang ikut berangkat.

Setelah semua persiapan selesai dan semua anak-anak sudah siap diabsen, kami menaiki bus bersama-sama.

“tanggung jawab kita selaku pembimbing sangatlah besar, bukan hanya menghantarkan mereka ke tempat yang akan dituju, tetapi mengawal setiap pembelajaran yang dilakukan disana hingga mereka bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari apa yang dilihatnya”

Prioritas para guru pembimbing selama study tour adalah memberi kenyamanan bagi seluruh murid.

Jadi tugas para pembimbing adalah melayani dan mengawasi para murid selama perjalanan hingga kembali ke sekolah.

Antusias siswa terlihat ketika rombongan sampai ke tempat tujuan pertama yakni plta koto panjang.

Kami disambut hangat oleh sejumlah pengelola plta adan mereka memberikan penjelasan ringkas seputar fungsi dan pembangkit listrik//

Para murid kemudian diajak berkeliling untuk mengamati sistem pengoperasian plta//

Setelah menikmati keindahan danau plta dan berswafoto untuk mengabadikan momen penting itu, kami kemudian berpamitan untuk melanjutkan perjalanan ke candi muara takus.

Candi muara takus, merupakan salah satu tempat bersejarah di provinsi riau.

Menempuh perjalanan sekitar empat puluh menit dari plta koto panjang, kami akhrinya tiba di candi muara takus, jelang siang.

Setelah shalat dzuhur dan makan siang anak-anak yang masih bersemangat diberi kebebasan untuk menikmati keindahan candi bersejarah itu.

Anak-anak berlari kian kemari dan mengelilingi pekarangan candi yang dinilai nyaman karena sekelilingnya dipagar sebagai kawasan cagar budaya.

Aroma soft skill sangat kental terlihat bukan hanya antara murid, namun juga guru dengan murid. Dimana apa yang tidak didapat selama pembelajaran di kelas.

Bagaimana seorang murid berbagi makanan satu dengan yang lainnya, kepedulian yang tinggi ketika temannya pusing bahkan peran guru yang lain terlihat ketika harus memijit dan meredakan anak yang muntah karena perjalanan jauh menjadi pemandangan yang luar biasa selama perjalanan.

Tak terkecuali, selama perjalanan di bus ada murid yang menunjukkan bakatnya dalam bernyanyi hingga keakraban muncul disana.

Pembelajaran yang penuh dengan kenangan yang abadi, di mana suatu saat nanti mereka bisa mengenangnya karena tersimpan rapih di masa putih merah mereka.

Rasa syukur dipanjatkan tatkala kegiatan berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. Sekitar pukul 20.00 malam,kami pun akhirnya kembali tiba di sekolah SD Babussalam dan para wali murid pun telah menunggu di sekolah.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT